Senin, 06 Juni 2016

ANALISIS NOVEL PERAHU KERTAS MENURUT PENDEKATAN MIMETIK


ANALISIS NOVEL PERAHU KERTAS MENURUT PENDEKATAN MIMETIK

Widya Arum Utami
Universitas Pancasakti

Abstrack
Pendekatan mimetik adalah pendekatan yang dalam mengkaji karya sastra berupa memahami hubungan karya sastra dengan realitas atau kenyataan. Dasar pandangan teori mimetik adalah karya sastra dianggap sebagai tiruan alam atau penggambaran dunia kehidupan manusia secara nyata. Mimetik yang semula dikenal dengan nama mimeis merupakan salah satu wacana yang ditinggalkan Plato dan Aristoteles sejak masa keemasan filsafat kuno, hingga pada akhirnya abrams memasukkannya menjadi salah satu pendekatan utama menganalisis sastra selain pendekatan paragmatik, ekspresif dan pendekatan objektif.


A. PENDAHULUAN

Kritik mimetik adalah kritik yang memandang karya sastra sebagai pencerminan kenyataan kehidupan manusia. Menurut Abrams, kritikus pada jenis ini memandang karya sastra sebagai tiruan aspek-aspek alam. Sastra merupakan pencerminan/penggambaran dunia kehidupan. Sehingga kriteria yang digunakan kritikus sejauh mana karya sastra mampu menggambarkan objek yang sebenarnya. Semakin jelas karya sastra menggambarkan realita semakin baguslah karya sastra itu. Kritik jenis ini jelas dipengaruhi oleh paham Aristoteles dan Plato yang menyatakan bahwa sastra adalah tiruan kenyataan.

Sesuai dengan pengertian tersebut, Novel Perahu kertas karya Dewi Lestari merupakan gambaran dari kehidupan nyata dan cocok dikaji dengan menggunakan pendekatan mimetik. Melalui novel perahu kertas, pengarang ingin menyampaikan pesan-pesan moral kehidupan sehari-hari yangterkandung di dalamnya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, makalah ini bertujuan untuk menganalisis novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari menurut pendekatan mimetik.

B. PEMBAHASAN

·         Teori
Pengertian Pendekatan Mimetik

Pendekatan mimetik adalah pendekatan yang dalam mengkaji karya sastra berupa memahami hubungan karya sastra dengan realitas atau kenyataan. Kata mimetik berasal dari kata mimesis (bahasa Yunani) yang berarti tiruan. Dalam pendekatan ini karya sastra dianggap sebagai tiruan alam atau kehidupan (Abrams, 1981). Untuk dapat menerapkannya dalam kajian sastra, dibutuhkan data-data yang berhubungan dengan realitas yang ada di luar karya sastra. Biasanya berupa latar belakang atau sumber penciptaa karya sastra yang akan dikaji.
Teori mimetik adalah teori sastra yang menonjolkan aspek acuan atau referensial di dalam menelaah karya sastra. Dasar pandangan teori mimetik adalah karya sastra dianggap sebagai tiruan alam atau penggambaran dunia kehidupan manusia secara nyata. 
Mimetik yang semula dikenal dengan nama mimeis merupakan salah satu wacana yang ditinggalkan Plato dan Aristoteles sejak masa keemasan filsafat kuno, hingga pada akhirnya abrams memasukkannya menjadi salah satu pendekatan utama menganalisis sastra selain pendekatan paragmatik, ekspresif dan pendekatan objektif. Mimeis merupakan ibu  dari pendekatan sosiologi sastra yang darinya dilahirkan metode kritik sastra yang lain. Mimeis berasal dari bahasa yunani yang berarti tiruan. Dalam hubungannya dengan kritik sastra mimeis diartikan sebagai pendekatan sebuah pendekatan yang dalam mengkaji karya sastra selalu berupaya mengaitkan karya sastra dengan realitas atau kenyataan. Perbedaan pandangan Plato dan Aristoteles menjadi sangat menarik karena keduanya merupakan awal filsafat alam, merekalah yang menghubungkan persoalan filsafat dengan kehidupan.


·         Sinopsis novel Perahu Kertas

Dua orang anak manusia dengan kisah hidup masing-masing yang serupa, Kugy dan Keenan. Gadis ini mempunyai cita-cita menjadi seorang penulis dongeng dan semua orang menganggap itu sebagai cita-cita yang tidak wajar untuk seorang mahasiswa pandai seperti Kugy. Ia pun tetap menulis dongeng namun hanya untuk dirinya sendiri, sedangkan yang ia publikasikan adalah cerpen yang romantis.
Di sisi lain, seorang pemuda yang memiliki cita-cita menjadi seorang pelukis dengan bakat luar biasanya tidak direstui oleh sang ayah. Ia harus kuliah ekonomi. Suatu ketika takdir mempertemukan keduanya melalui Noni, Sahabat Kugy dan Eko, sepupu Keenan sekaligus pacar Noni. Dua insan yang senasib itu saling mengagumi satu sama lain. Kugy yang tidak neko-neko dalam bersolek, dan Keenan yang tetap tampan dengan rambut gondrongnya. Ditambah lagi zodiak mereka yang sama-sama aquarius, sehingga Kugy menamai diri mereka sebagai agen rahasia Dewa Neptunus untuk melaporkan semua kejadian di dunia melalui perahu kertas yang dialirkan ke kaut. Keenan memang tidak sesering Kugy dalam membuat perahu kertas, tapi itu tidak menghilangkan persahabatan mereka, bahkan berempat dengan Noni dan Eko lama-lama persahabatan mereka menjadi sebuah cinta.

Keenan berusaha menjauh dari Kugy ketika ia tahu bahwa Kugy telah mempunyai pacar yaitu Ojos. Aksi kaburnya semakin sempurna dengan didukung liburan akhir semester yang cukup panjang dan Keenan memperpanjang liburannya ke Bali, di rumah teman lama ibunya dan di situ orang- orang bebas melukis.
Selepas dari liburan normal kuliah, Kugy, Noni, dan Eko menceritakan pengalaman masing-masing. Hal yang paling mencekat bagi Kugy ialah ketika Noni membeberkan rencananya untuk menjodohkan Keenan dengan Wanda, sepupunya. Kugy tidak mendukung itu karena diam-diam ia menyimpan perasaan kepada Keenan.
Kini ganti Kugy yang menghindar dari persahabatan itu. Ia mencari berbagai kesibukan sampai ia tidak tahu kembalinya Keenan dan ceritanya dengan Wanda. Wanda ialah gadis cantik, cerdas, dan seorang kurator muda . Ia mengerti dunia lukis sehingga ia nyambung dengan Keenan. Wanda juga membuat lukisan Keenan masuk galeri ayahnya dan menyuruh orang untuk membeli lukisan itu. Merasa lukisannya laku Keenan memutuskan menjadi pelukis untuk hidup dan meninggalkan kuliahnya. Di sisi lain, Kugy terus sibuk mengambil semester pendek hingga ia mengajar di Sakola Alit agar waktunya terus padat. Di Sakola Alit ia membuat dongeng tentang anak-anak didiknya agar mereka mau belajar. Notabene, mereka ialah orang-orang dari kalangan yang kurang mampu, baik ekonomi maupun pendidikan.
Suatu hari takdir mengembalikan Keenan pada Kugy. Keenan diminta Ical, teman mengajar Kugy untuk mengajar anak-anak menggambar. Anak-anak sangat senang dengan guru gambar mereka, dan yang paling senang dari semuanya adalah Kugy. Di tempat itu Keenan mengungkapkan rasa kehilangannya pada Kugy. Hati Kugy sangat berbunga . Bahkan harta berharganya berupa buku dongeng “Jendral Pilik dan Pasukan Alit” ia berikan pada Keenan. Ironi sekali dengan yang diucapkan Keenan di Sakola Alit, selang beberapa hari dari kejadian itu Kugy mendengar Keenan dan Wanda jadian. Benar- benar hancur hati Kugy. Terlebih ia juga harus putus dengan Ojos.
Jakarta, September 2000, hari itu ulang tahun Noni ke-20. Ia berencana memberi kalung medali emas yang bertuliskan “Sahabat Terbaik dan Terawet” untuk Kugy. Sayang sekali Kugy yang tidak sanggup harus melihat Keenan dan Wanda memutuskan untuk tidak hadir pada pesta itu. Berantakan sudah rencana Noni dan ulang tahunnya karena ketidakhadiran Kugy. Tidak hanya sampai itu saja kehancuran pesta itu. Di tempat lain Wanda terlalu banyak minum alkohol hingga berdansa dengan lelaki lain. Keenan mengajak Wanda ke kemar dan terjadi pertengkaran hebat. Wanda yang berada dibawah pengaruh alkohol itu mengakui semua yang ia lakukan pada Keenan, termasuk kebohongannya menyuruh orang membeli lukisan Keenan. Ia mengembalikan semua lukisan Keenan.
Keenan merasa sakit hati yang luar biasa. Ia terlanjur membanggakan itu pada orang tuanya, bahkan ia terlanjur berhenti kuliah. Pemuda itu sangat putus asa, ia tidak mau lagi melukis dan lukisan yang dikembalikan oleh Wanda ia kirim ke Ubud sebagai kenang- kenangan. Keenan menceritakan semua itu pada Kugy di Sakola Alit, namun semangat yang diberikan Kugy tidak ia hiraukan sedikit pun. Hingga suatu hari Bimo, teman kos lamanya mengantarkan surat untuknya. Surat itu berisi bahwa lukisan yang ia kirim ke Ubud telah terjual, dan di situ pak Wayan juga menyisipkan uang hasil penjualan itu. Semenjak hari itu ia langsung pergi ke Ubud bersama buku dongeng dariKugy.
Di Ubud Keenan mulai berkarya lagi. Setiap hari ia melukiskan kelanjutan kisah-kisah “Jenderal Pilik dan Pasukan Alit” dari buku Kugy. Lukisan pertamanya tentang dongeng tersebut laku seharga Rp3.000.000,00. Kali ini dua lukisannya laku Rp10.000.000,00 dan ia bertemu langsung dengan pembelinya. Selain Pak Wayan dan pembeli lukisan itu, Keenan dapat satu teman lagi untuk menemaninya melukis setiap hari, dia adalah Ludhe, keponakan Pak Wayan.
Hubungan Keenan dan Ludhe semakin erat. Sampai pada ulang tahun Ludhe, ia meminta pahatan karya Keenan yang sebenarnya spesial untuk Kugy. Merasa putus asa pada Kugy Keenan pun memberikan pahatan itu sebagai hadiah ulang tahun untuk Ludhe. Kedekatan itu tidak berhenti di situ. Sempat Keenan menyerah untuk melukis karena ia sudah tidak punya inspirasi, serial dongeng Kugy sudah habis. Walaupun demikian Ludhe tetap sabar dan memberi semangat kepada Keenan. Melihat ketulusan Ludhe, hati Keenan terenyuh dan puncaknya ia menyatakan cintanya kepada Ludhe. Mereka pun berpacaran.
Di tempat lain kisah persahabatan Noni dan Kugy semakin miris. Semenjak ulang tahun Noni ke-20, mereka tidak lagi saling bicara, bahkan untuk sekadar menyapa. Tak tahan dengan semua itu, Kugy memilih pindah kos dan mempercepat masa kuliahnya. Sampai pada tahun ke-3 kuliahnya, Juni 2002 Kugy sudah siap menjalani ujian skripsi dan ia mendapatkan nilai A. Dia sangat berterimakasih kepada Eko yang telah membantunya. Kugy siap melakukan apapun untuk Eko atas jasanya itu. Eko hanya minta satu hal pada Kugy. Dia ingin Kugy minta maaf dan bersahabat lagi dengan Noni. Hal itu dilakukan juga oleh Kugy, karena ia telah berjanji kepada Eko. Betapa terkejutnya Kugy ketika ia minta maaf, Noni justru marah-marah pada Kugy dan menuduh Kugy telah merebut Eko darinya. Pertengkaran antara mereka makin menjadi dan mereka memilih untuk mengakhiri persahabatan mereka.
Begitu lulus kuliah Kugy bekerja di sebuah perushaan advertising atas rekomendasi Karel, kakaknya. Perusahaan itu bernama Advocado. Bos Kugy masih muda, beda usia mereka hanya delapan tahun. Bos itu bernama Remi. Hubungan Remi dan Kugy berubah menjadi hubungan spesial. Semua itu bermula ketika Kugy menyampaikan ide emasnya untuk sebuah produk dan Remi terkesima akan ide tersebut. Suatu ketika Keenan harus kembali ke Jakarta karena ayahnya terkena strok dan sangat merindukannya. Keenan juga harus melanjutkan bisnis ayahnya. Meskipun sudah berada di Jakarta, Keenan tidak berani memberi tahu Kugy akan keberadaannya.
Takdir memang senang melihat kedekatan mereka, sehingga walaupun mereka berusaha untuk tidak bertemu, kenyataan mempertemukan mereka kembali. Noni yang telah mengetahui semuanya melalui sebuah kado Kugy yang tak sempat ia berikan kepada Keenan, pagi itu datang ke rumah Kugy untuk minta maaf dan memperbaiki persahabatan mereka. Noni mengalungkan medali emas yang dulu tertunda untuk diberikan kepada Kugy. Noni dan Eko hendak mekangsungkan pertunangan sembari menunggu ujian skripsi mereka. Mereka berempat dipertemukan lagi di pesta pertunangan itu. Kugy dan Keenan walaupun awalnya canggung lama-lama biasa juga dan keduanya semakin akrab. Mereka saling mengetahui bahwa keduanya sudah mempunyai pacar masing-masing. Suatu ketika, tanpa sengaja Kugy bertemu dengan Ludhe di Ubud, saat Kugy dan Remi liburan kantor di Bali. Dengan sedikit terlambat Ludhe menyadari bahwa yang ia temui ialah inspirator Keenan selama ini. Sementara Kugy mengetahui Ludhe adalah kekasih Keenan lebih lama lagi, dia mengetahuinya dari Remi. Mengetahui kenyataan itu Kugy terkejut dan ia kabur ke rumah kakaknya untuk menenangkan diri. Keenan dan Remi panik mencari Kugy. Tapi lagi-lagi filing Keenan leih kuat dari siapapun kepada Kugy. Keenan yang telah mengetahui segala isi hati Kugy dari Noni datang ke tempat kakak Kugy dan menjelaskan segala isi hatinya. Mereka kemudian memutuskan untuk tidak menyakiti pasangan masing-masing. Kugy tahu Ludhe gadis yang baik untuk Keenan dan Keenan juga sebaliknya Keenan tahu Remi lelaki yang baik untuk Kugy.
Kugy memberi buku dongeng berharganya kepada Remi yang sebenarnya hendak ia berikan kepada Keenan. Sayangnya dalam buku itu masih terselip surat untuk Keenan, seseorang yang selalu singgah di hati Kugy. Remi tidak mungkin bisa menyiksa hati kekasihnya itu, ia menyuruh Kugy kembali pada Keenan. Di sisi lain, Keenan juga sudah dilepas oleh Ludhe, walaupun sangat berat. Ludhe tahu betapa besar dan tulusnya cinta Keenan kepada Kugy dan Kugy pantas mendapatkan itu. Kugy dan Keenan (K dan K) akhirnya bersatu membentuk K-family yang lebih besar.

·         Analisis novel Perahu Kertas menurut pendekatan mimetik

Dalam novel ”Perahu Kertas” karya Dewi Lestari dapat ditemukan beberapa masalah-masalah sosial. Novel ini menceritakan tentang cinta dan persahabatan serta cita-cita.




Contohnya dalam kisah kehidupan Kugy dan keenan

“Dua orang anak manusia dengan kisah hidup masing-masing yang serupa, Kugy dan Keenan. Gadis ini mempunyai cita-cita menjadi seorang penulis dongeng dan semua orang menganggap itu sebagai cita-cita yang tidak wajar untuk seorang mahasiswa pandai seperti Kugy. Ia pun tetap menulis dongeng namun hanya untuk dirinya sendiri, sedangkan yang ia publikasikan adalah cerpen yang romantis.
Di sisi lain, seorang pemuda yang memiliki cita-cita menjadi seorang pelukis dengan bakat luar biasanya tidak direstui oleh sang ayah. Ia harus kuliah ekonomi”

Pada penggalan sinopsis novel perahu kertas jelas, hal ini juga sering terjadi didalam kehidupan sehari-hari baahwasanya setiap anak muda yang berbakat pun sebenarnya memiliki impian dan harapan lain.

Sementara itu pada kutipan selanjutnya.

‘’Eko hanya minta satu hal pada Kugy. Dia ingin Kugy minta maaf dan bersahabat lagi dengan Noni’’

Dalam kutipan diatas tergambar secara langsung kehidupan yang terjadi di dalam sebuah pertemana. Disitu terlihat bahwa sudah menjadi tugas sesama untuk tetap mengingatkan temannya. Bukanlah hal ini sangat dekat dengan dunia nyata, karena sejatinya seorang teman yang baik pasti sering memberikan solusi yang baik pula untuk temannya.

Perjalanan cinta Kugy dan Keenan menggambarkan kehidupan percintaan yang banyak terjadi di kehidupan nyata. Novel ini menceritakan tentang bagaimana dua anak remaja yang sedang jatuh cinta, memendam rasa, patah hati, hingga akhirnya menemukan pasangan cinta sejati.

Persahabatan, pencapaian mimpi dan cita-cita dalam novel ini terasa sangat kental. Dari kutipan-kutipan di atas, bila dihubungkan dengan kehidupan nyata, setiap orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita, terwujud atau tidaknya tergantung pada usaha. Dalam kehidupan nyata banyak juga orang yang harus berkorban dan berusaha demi mewujudkan impiannya, begitu juga Kugy dan Keenan.

C. Simpulan


Sastra merupakan pencerminan/penggambaran dunia kehidupan. Sehingga kriteria yang digunakan kritikus sejauh mana karya sastra mampu menggambarkan objek yang sebenarnya. Semakin jelas karya sastra menggambarkan realita semakin baguslah karya sastra itu.
Novel Perahu Kertas bercerita tentang cinta tetapi banyak unsur lain yang mendukung dan kuat dalam novel ini yang membuat novel ini begitu inspiratif dan edukatif, seperti tentang mimpi, persahabatan, dan kekeluargaan.

Mimetik yang semula dikenal dengan nama mimeis merupakan salah satu wacana yang ditinggalkan Plato dan Aristoteles, namun perbedaan pandangan Plato dan Aristoteles menjadi sangat menarik karena keduanya merupakan awal filsafat alam, merekalah yang menghubungkan persoalan filsafat dengan kehidupan.  Teori mimetik diartikan sebagai pendekatan sebuah pendekatan yang dalam mengkaji karya sastra selalu berupaya mengaitkan karya sastra dengan realitas atau kenyataan.

Dalam analisis pendekatan mimetik dalam novel ”Perahu Kertas” karya Dewi Lestari dapat ditemukan beberapa masalah-masalah sosial. Novel ini menceritakan tentang cinta dan persahabatan serta cita-cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar